Kamis, 06 Januari 2011

smesco ukm

SMESCO UKM

Membangun SMESCO UKM sebagai Pusat Promosi dan Ikon Pameran Produk KUKM berskala Internasional
Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menenengah (LLP KUKM) yang kini lebih dikenal sebagai SMESCO UKM telah memasuki tahun ketiga berkarya bagi koperasi dan UKM di Indonesia Sebagai satuan kerja di bawah Kementerian Koperasi dan UKM, SMESCO UKM terus memperkuat komitmennya sebagai Pusat Layanan Promosi, Inovasi dan Pemasaran KUKM Berskala Internasional. Sebuah langkah besar yang membutuhkan dukungan dari seluruh pihak yang peduli terhadap perkembangan koperasi dan UKM yang telah terbukti tangguh sebagai pondasi perekonomian Indonesia.
SMESCO UKM sebagai sebuah Badan Layanan Umum (BLU), berupaya menjadi main hub produk koperasi dan UKM Indonesia ke pasar internasional. Untuk mewujudkan upaya tersebut, beberapa langkah telah dan akan dilakukan, seperti membangun Brand “SMESCO UKM” agar keberadaan kualitas produk koperasi dan UKM Indonesia diakui secara internasional melalui “SMESCO UKM “. Hal utama yang saat ini secara konsisten sedang diperkuat adalah kredibilitas SMESCO UKM sebagai jaminan kualitas produk koperasi dan UKM di dalam maupun di luar negeri.
Untuk memenuhi kebutuhan pasar dunia yang dinamis dan semakin kompetitif, SMESCO UKM bekerja sama dengan lembaga-lembaga nasional yang kompeten membangun disain-disain produk kreasi SMESCO UKM yang memiliki citarasa lokal dengan nilai jual internasional. Pengembangan disain tidak berhenti pada kerja-kerja kelembagaan semata namun juga dengan mengikut sertakan peranserta anak-anak muda harapan bangsa melalui lomba-lomba disain dan product performance events yang akan digelar sepanjang tahun. Hal ini dilakukan guna meningkatkan ketertarikan pasar internasional pada produk UKM Indonesia yang berujung pada peningkatan transaksi ekspor ke berbagai negara secara massive dan regular.
Partner strategis yang telah kami gandeng ialah TELKOM INDONESIA guna mengembangkan jaringan pemasaran dan database produk dari seluruh Indonesia, sehingga pada saatnya nanti SMESCO UKM dapat terhubung secara online dan realtime dengan seluruh SMESCO di daerah. SMESCO UKM yakin jaringan kerja ini akan memperkuat posisi produk koperasi dan UKM Indonesia di pasar domestik dan Internasional.
Penguatan pasar domestik bagi produk koperasi dan UKM dilakukan dengan melakukan pengembangan UKM Gallery menjadi UKM Gallery Indonesia. Sebuah gerai produk koperasi dan UKM berkualitas yang terluas, terlengkap dan terbesar di Indonesia. Dengan dukungan gedung megah setinggi 17 lantai, UKM Gallery Indonesia akan menghadirkan produk-produk unggulan koperasi dan UKM dari sedikitnya 33 propinsi di Indonesia.
UKM Gallery yang saat ini baru terdiri dari 3 lantai, di tahun 2012 akan menjadi total 15 lantai gerai ritel sekaligus menjadi showcase bagi jutaan produk koperasi dan UKM seluruh Indonesia. Sebagai komitmen kami pada kualitas produk koperasi dan UKM, SMESCO UKM mendedikasikan diri pada pengembangan disain produk melalui divisi Riset dan Pengembangan Produk yang akan menempati satu lantai seluas 1200m2.
Dengan selesainya gedung exhibition hall yang juga menjadi landmark bagi kota Jakarta, cita-cita SMESCO UKM sebagai sebagai Pusat Layanan Promosi, Inovasi dan Pemasaran KUKM tentu sangat berdasar. Dengan luas ruang pamer lebih dari 10.000 m2, SMESCO UKM dengan bangga akan senatiasa terbuka bagi koperasi dan UKM memamerkan kenakaragaman produk dan kreatifitas anak bangsa. Pameran-pameran yang difokuskan pada produk koperasi dan UKM ini diyakini akan meningkatkan kepuasan pasar Indonesia dan internasional pada produk koperasi dan UKM kita.
SMESCO UKM dengan keunikan gedung ada letaknya yang strategis juga menjadi meeting point bagi masyarakat Jakarta dan Indonesia yang ingin berbelanja produk unggulan koperasi dan UKM. Untuk memenuhi kebutuhan akan lokasi wisata belanja tersebut, SMESCO UKM membangun pusat wisata kuliner Warisan Enak di dua lantai promenade dengan luas lebih dari 1500m2.
Ini semua dilakukan SMESCO UKM untuk memperkuat peran dan fungsinya sebagai ikon Promosi, Pengembangan dan Pemasaran Produk UKM Nasional
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar